Sabtu, 13-07-2024
  • SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri membuka Pendaftaran Penerimaan Taruna Baru (PTB) Tahun Pelajaran 2024/2025 . Pembukaan Pendaftaran Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Tahun 2023

Ekstrakurikuler Jaranan

Jaran Kepang, Jaranan atau Kuda Lumping adalah kesenian rakyat atau tarian penunggang kuda (jaran) dengan kuda mainan yang terbuat dari bilahan anyaman bambu yang dirangkai sedemikian rupa lantas dijepit di antara dua kaki penarinya. Kuda-kudaan tersebut ditambahkan asesori serta pewarnaan sehingga bentuknya menyerupai kuda sungguhan. Iringan musiknya sederhana, didominasi kenong dan terompet.

Pada mulanya Jaran Kepang bukanlah sebuah seni pertunjukan, bukan pula dinamakan kesenian karena memang zaman dulu belum dikenal istilah kesenian. Jaran Kepang adalah bagian dari ritual menolak bala, mengatasi berbagai musibah, meminta kesuburan pada lahan pertanian, mengharap keberhasilan panen, dan juga supaya masyarakat aman dan tenteram. Pada zaman primitif terdapat kepercayaan bahwa kerusakan lingkungan, wabah penyakit, bencana alam dan sebagainya terjadi karena kekuatan roh nenek moyang. Seiring dengan perjalanan waktu, setiap musibah, bencana atau berbagai masalah dalam kehidupan dihubungkan dengan roh nenek moyang itu disusun menjadi serangkaian cerita yang berkembang menjadi mitos yang diyakini oleh masyarakat. Kemudian dilakukan upacara (ritus) dengan tujuan agar musibah tidak datang lagi. Kejadian yang berlangsung berulangkali kemudian berkembang menjadi berbagai simbol yang digunakan untuk kegiatan ritual.

Bagikan :

Tentang Kami

Merupakan satu-satunya Sekolah Menengan Kejuruan (SMK) Pelayaran di Karisidenan Kediri, yang berlokasi di Jl. Tembus Timur GOR Joyoboyo Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri bertekad mencapai perbaikan yang berkesinambungan berdasarkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008.

Lokasi